Karburator pada motor 2 tak
Karburator pada dasarnya adalah tabung yang mengontrol udara dan bensin yang mengalir ke mesin. Karburator 2-tak atau laras ganda bekerja dengan cara yang sama seperti karburator dasar, kecuali bahwa lebih banyak udara dan bensin dapat didorong ke dalam mesin karena ada lebih banyak barel atau tabung dan dengan demikian, lebih banyak aliran udara.
Pelat/Katup Throttle Pelat
throttle atau katup throttle mengontrol jumlah udara yang diizinkan mengalir melalui karburator (tabung). Saat katup ini terbuka, udara mengalir ke karburator dan bercampur dengan bensin. Hanya sejumlah kecil bensin, sekitar 10mg per langkah pembakaran, yang diperlukan untuk membuat mesin pembakaran 4-langkah biasa berjalan.
Co2 2 tak
Venturi adalah penyempitan di dalam tabung. Di dalam venturi ada lubang kecil yang disebut "jet." Venturi menciptakan ruang hampa yang menarik bensin dari ruang apung - yang disuplai dari tangki bensin oleh pompa bahan bakar - yang membuat bensin mendekati tekanan atmosfer.
Prosesnya sebenarnya cukup sederhana. Saat pelat throttle terbuka, udara mengalir ke karburator. Venturi menciptakan vakum yang diperlukan untuk menarik udara dan sejumlah kecil bensin ("kabut") yang kemudian bercampur dengan udara yang kemudian ditarik lebih jauh ke dalam ruang bakar mesin.
Choke
Untuk meningkatkan kontrol udara dan bensin - bahan bakar - choke digunakan. Misalnya, jika Anda mencoba menghidupkan mesin dingin, Anda mungkin kesulitan mendapatkan udara dan bahan bakar untuk bercampur dengan benar karena variabel tertentu yang melekat pada sifat bensin dan udara.
Secara khusus, bensin dingin tidak mudah menguap dan cenderung mengembun di dinding karburator.
Untuk mengatasinya, digunakan alat yang disebut “choke”. Choke membatasi aliran udara di pintu masuk karburator. Ini menciptakan ruang hampa yang lebih kuat yang menarik lebih sedikit udara tetapi lebih banyak bensin untuk menciptakan bahan bakar "kaya" yang lebih mudah dinyalakan saat mesin dingin.
Saat mesin memanas, bahan bakar yang dibutuhkan lebih sedikit.