TIPS SETTING HARIAN MESIN 2TAK
TIPS UNTUK BORE UP SILINDER HEAD
Saat Anda mengubah kapasitas silinder mesin, ada banyak faktor yang harus diperhatikan. Seperti: porting, rasio kompresi, pengaliran karburator, peredam, dan timing pengapian. Ukuran dan durasi porting exhaust dan intake terbuka, bervariasi dengan kapasitas mesin dan RPM. Ketika dinding liner dan dihancurkan untuk memasukkan piston yang lebih besar, menyadari bahwa port transfer akan berbelok ke sudut, dan knalpot porting akan menyusut? Dan ketika Anda hanya melakukan ini, maka torsi pada RPM rendah akan melimpah, dan energi yang masuk semakin melemah.
Mengubah titik ruang bakar harus dilakuakan, begitu juga dengan squish dome rasio harus diatur ulang untuk mengatur diameter piston baru. Piston lebih besar berarti turbulensi lebih keras, sehingga squish harus dipersempit. Volume kubah ruang bakar harus diatur untuk menyesuaikan kapasitas mesin baru. Atau mesin justru akan terasa 'berhenti' di putaran tinggi, ceper kabur. Lebih parah lagi akan timbul detonasi.